Spyware - bagaimana cara menghapusnya?

Spyware, yang sudah kenal tentu kesal. Yang belum kenal, sebaiknya kenal, siapa tau sudah lama bersemayam di dalam PC ataupun laptop anda bersama file-file kesayangan anda.

Mau tau apa itu spyware? Bisa tanya mbah google. Namun saya rekomendasikan untuk bertanya ke Wikipedia.org, di sana dibahas dengan komprehensif.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengusir spyware itu?

DiLifeHacker. Ada topik menarik khusus mengenai spyware ini. Silakan dibaca di: Ask Lifehacker: HELP! My computer’s full of spyware!
Saran untuk membersihkan spyware

1. Jika IE anda sudah dibajak spyware, install-lah FireFox.
2. Setelah FireFox terpasang, install-lah Ad-aware, Spybot & Destroy, dan Spyware Blasater. Aktifkan ketiga software itu, dan jangan lupa untuk meng-update databasenya dengan memilih menu “Update” disetiap software.
3. Nah, sebelum anda memeriksa komputer anda, putuskan koneksi internet sehingga spyware anda tidak aktif. Restart komputer anda, dan pencet F8 saat booting (itu lho, sebelum logo Windows welcome muncul.) Pilih untuk memulai komputer dengan “Safe Mode.”
4. Setelah Windows aktif, buka Ad-Aware. Jalankan untuk mengecek semua sistem (full system scan.) Ini akan butuh waktu, begitu selesai pastikan anda membersihkan semua spyware yang ditemukan Ad-aware. Kemudian buka Spybot, pilih “Check for Problems.” Pemeriksaan juga akan butuh waktu. Hapus semua spyware yang ditemukan Spybot. Dan lakukan hal yang sama dengan Spyware Blaster.
5. Restart komputer anda dengan pilihan normal.
6. Install M$ AntiSpyware.
7. Buka Windows Update. Periksa kalau ada “critical patches” dari Windows yang harus anda install. (Ingat, anda harus mengakses situs M$ Windows dengan IE, karena situs ini tidak kompatibel dengan browser yang lain.)
8. Terakhir, buka Control Panel > Add/Remove Programs. Periksa software yang ter-install di komputer anda. Perhatikan apakah ada software aneh yang aktif dan anda tidak mengenalinya; uninstall software-software seperti ini. Periksa juga program yang jalan saat start-up. Caranya: Start > Run > (ketik:) msconfig, dan enter. Pilih menu Startup, dan cek apakah ada program aneh yang aktif di menu ini. Kalau ada, non-aktifkan.
9. Cek ulang semua yang anda lakukan, dan restart lagi komputer anda.