"klik disini" pada status bar

Contoh pertama mendemontrasikan bagaimana memanipulasi tulisan pada status bar. Ketika anda mengerakan kursor melalui suatu link, maka statusbar akan menampilkan URL tujuan link tersebut.

Suatu kode HTML untuk suatu membentuk link dapat berupa :

<A HREF="mylink.htm">klik disini</A>

Untuk menampilkan sesuatu pada status bar ketika mouse pointer digerakan melalui link, anda perlu menambah kode berikut :

<A HREF="mylink.htm" onMouseOver="window.status='Klik disini untuk mengetahui lebih jauh tentang saya'; return true;" onMouseOut="window.status=''; ">Klik disini</A>

Kode diatas akan menghasilkan suatu link klik disini. Coba gerakan mouse pointer melaluinya, mudah bukan ?

so bagaimana kalo kita pengen klik disini-nya membuka halaman baru, bukannya malah menutup...Caranya mudah saja, cukup mengedit url address yang telah kamu taruh pada blog kamu dengan menambahkan target="_blank" setelah alamat URLnya.

Komposisinya begini:

<a href="http://namablog.blogspot.com/"target="_blank">Nama Pemiliknya</a>

Maka ia akan memerintahkan browser untuk membuka tab baru jika link tersebut di klik dan blog anda tetap tampil.


Kalau kita ingin menampilkan suatu pesan kepada pengunjung, jika suatu tombol atau link di klik. Pada JavaScript kita dapat menggunakan fungsi alert() yang mana akan menampilkan suatu kotak pesan. Misalnya kita ingin memberi kejutan kepada pengunjung, begitu halaman dibuka. Untuk melakukan hal ini, tambahkan saja kode berikut setelah tag <BODY> (atau diantara tag <HEAD>).

<SCRIPT LANGUAGE="JavaScript">
<!-- menyembunyikan dari browser non-js
alert("Press Ok to start formatting your hard disk");
// akhir dari penyembunyian -->
</SCRIPT>


Hal ini tentu saja akan menjadi kejutan bagi pengunjung halaman anda :-). Bagaimana jika kita ingin menampilkan suatu kotak pesan ketika user melakukan klik pada suatu link Anda dapat mencoba klik disini. Untuk memahami apa sebenarnya yang terjadi, coba simak script berikut :

<A HREF="JavaScript: alert('pesan anda disini.')">

JavaScript: bagian ini akan memberitahukan kepada browser bahwa dia harus menjalankan perintah JavaScript yang tersebut ketika link di klik.


<FORM>
<INPUT TYPE=BUTTON VALUE="Klik disini"
onClick="alert('pesan anda disini')">
</FORM>


Catatan

Anda mungkin memperhatikan bahwa, cara penulisan script pada setiap contoh diatas berbeda. Yang pertama adalah script ditulis diantara tag HTML <A HREF=...>, yang kedua adalah diantara suatu tang <SCRIPT> ... </SCRIPT>. Perbedaan ini adalah bahwa, script pertama akan dijalankan pada event tertentu (MouseOver dalam hal ini), sedangkan untuk yang kedua, script langsung dijalankan ketika ditemukan pada dokumen HTML.