Instalasi printer (Canon iP1000) di komputer yang menggunakan Ubuntu


Setelah beberapa waktu lalu saya meng-install Ubuntu di komputer, hari ini saya harus mengetik sebuah berkas dan mencetaknya. OpenOffice bisa membantu saya dalam menyelesaikan pekerjaan saya tersebut. Namun, ketika saya hendak mencetak dokument yang baru saja saya ketik, saya baru ingat kalau driver untuk printer saya Canon iP1000 belum ada.BT deh, Setelah melakukan pencarian mengenai cara supaya bisa mencetak di Linux Ubuntu menggunakan jenis pinter iP1000 tersebut, saya mendapatkan informasi lengkapnya. Silakan mengunjungi situs yang berisi mengenai paket Debian yang dibuat oleh Takushi Miyoshi. Oh ya di situs tersebut banyak juga driver untuk jenis printer EPSON.
Proses selanjutnya adalah, sesuai dengan panduan dalam situs tersebut.

Pertama, tambahkan repository baru untuk alamat penyedia driver printer yang saya sebutkan diatas tadi. Bisa dilakukan dengan menyunting berkas yang ada di lokasi /etc/apt/sources.list, kemudian menambahkan baris baru: deb http://mambo.kuhp.kyoto-u.ac.jp/~takushi/debian ./

Setelah itu, perbarui informasi daftar repository dengan mengetikkan perintah: apt-get update di terminal.

Catatan: Cara diatas saya gunakan karena saya masih menggunakan Ubuntu (Dapper Drake), kalau misalnya sudah pakai Ubuntu (Edgy Eft), alamat repository adalah: deb http://mambo.kuhp.kyoto-u.ac.jp/~takushi/ubuntu ./

Atau, bisa juga melalui Synaptic Package Manager yang dimiliki Ubuntu:

* Buka menu System » Administration » Synaptic Package Manager. Masukkan password Anda sebagai pengguna.
* Masuk ke menu Settings » Repositories.
* Pilih menu "Add", kemudian pilih "Custom". Pada kolom isian APT line, masukkan: deb http://mambo.kuhp.kyoto-u.ac.jp/~takushi/debian ./
* Setelah itu, tutup jendela pengaturan repository. Karena terjadi perubahan pada informasi daftar repository, maka Anda harus memperbarui daftar tersebut. Klik saja tombol "Reload" bagian kiri atas.

Kedua, lakukan proses instalasi. Saya melakukan proses instalasi melalui Terminal, jadi tinggal mengetikkan: sudo apt-get install libcnbj-2.5 bjfilter-2.5 pstocanonbj. Ikuti proses selanjutnya.

Catatan: Perintah tersebut untuk melakukan instalasi driver printer Canon Pixus iP3100 / iP4100 / iP8600 (dan Pixma iP1000 / iP1500). Kalau tipe printer lain, silakan periksa driver yang sesuai.

Ketiga, Kalau semua proses sudah selesai, kita melakukan hal yang membuat printer kita tersebut dikenali oleh Ubuntu.

* Buka menu System » Administration » Printing
* Pilih menu "New Printer" (klik dua kali pada gambar printer).
* Pada kotak dialog, muncul pilihan menu "Printer Connection". Karena printer saya langsung terkoneksi ke komputer saya, maka saya pilih Printer Type: Local Printer, dan printer yang terdeteksi adalah Canon iP1000.
* Berikutnya, kita sesuaikan driver-nya, sesuai dengan Manufacturer (Produsen), dan model printer.
* Ikuti proses berikutnya. Ketika Anda membuka kembali kotak dialog untuk melihat printer yang tersambung, sekarang sudah muncul disana.

Nah, selesai deh. Kalau mau mengubah konfigurasi atau sekadar melihat pengaturan printer-nya, pada kotak dialog tersebut, pilih pada gambar printer yang terpasang, klik kanan, pilih Properties.

bila sukses tampilannya akan seperti gambar diatas!!!