Pilih frame kacamata,sesuaikan karakter wajah


MEMILIH frame kacamata kini sudah dapat dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang disebut character selected frame computer. Namun secara alamiah, memilih frame kacamata dapat dilakukan dengan cara:

1. Wajah oval bisa memakai model yang lebih lebar dari bagian wajah yang paling lebar.Karena Oval adalah bentuk wajah yang paling ideal. Pilihan kacamata untuk bentuk wajah ini lebih banyak ketimbang yang lain. Hindari kacamata yang diberi riasan pada kedua sisinya atau kacamata yang terlalu lebar karena dapat memberi kesan melebar pada wajah. Kacamata tanpa bingkai dapat menonjolkan kelebihan wajah.

2. Pemilik wajah persegi lebih bagus jika menggunakan frame oval.Tipe wajah ini memiliki rahang dan dahi dengan lebar yang hampir sama. Bingkai kacamata yang paling sesuai adalah bentuk oval, bulat, atau mata kucing. Lengkungan di bingkai memperhalus bentuk persegi pada wajah sehingga wajah tampak lebih panjang dan ramping. Hindari kacamata berbentuk kota karena akan membuat wajah tampak semakin persegi. Pilih bingkai yang terbuat dari campuran metal.

3. Untuk wajah bulat, pilih frame persegi (kotak).


4.Wajah Panjang
Diameter panjang wajah lebih besar dari lebarnya sehingga dagu dan dahi terlihat agak memanjang. Untuk memberi kesan pendek pada wajah pilih kacamata dengan bentuk geometris dengan sudut melebihi tulang pipi. Agar hidung tampak lebih pendek pilih bingkai dengan tangkai penghubung yang rendah.


Secara umum, pakailah lensa yang ringan dan tahan pecah. Anak-anak hendaknya diberi lensa antipecah ini. Lensa plastik merupakan pilihan tepat untuk tujuan tersebut. Dianjurkan untuk memilih lensa dengan lapisan antirefraksi untuk meningkatkan kenyamanan penglihatan.

Jika Anda alergi terhadap bahan-bahan tertentu, pilihlah material yang tidak menimbulkan alergi.

Sedangkan untuk merawat kacamata dalam dilakukan cara sederhana. - Hindari permukaan lensa dari sentuhan benda tajam.

- Selalu gunakan dua tangan pada saat melepaskan/memakai kacamata.

- Simpanlah kacamata di tempatnya pada saat tidak dipakai. - Cucilah kacamata Anda secara berkala dengan air dan sabun yang lembut untuk menghilangkan kotoran dan minyak. Jangan lupa keringkan dengan katun yang lembut.

- Hindarikan kacamata dari temperatur yang tinggi seperti disimpan di dashboard mobil, sauna, dan pengering rambut.

- Jika kacamata terasa tidak nyaman, periksalah di optik Anda untuk perbaikan.

Tips:
- Sebaiknya bingkai kacamata tidak menghilangkan alis mata

- Bila Anda berwajah kecil hindari kacamata berukuran besar karena bisa ‘menenggelamkan’ wajah.

- Bagian bawah bingkai kacamata sebaiknya tidak menempel pada pipi. Hal ini tak hanya memicu iritasi pada kulit tapi juga dapat memberikan efek tak menguntungkan: hidung tampak lebar dan mata mengambang (mata tidak berada di tengah bingkai kacamata)

Lensa kontak


Saat ini banyak penderita myopia memilih lensa kontak sebagai alat bantu penglihatan. Penggunaan lensa kontak menunjukkan peningkatan yang cukup pesat akhir-akhir ini. Sebab pasien akan lebih bebas beraktivitas tanpa gangguan kacamata dan membuat penampilan lebih alami.

Selain itu, untuk tujuan kosmetis ada lensa kontak lunak (softlens) yang diberi warna sehingga membuat mata berubah. Pilih warna sesuai dengan penampilan Anda. Biasanya tersedia berbagai contoh warna di optik dan dapat dicoba.

Untuk menghindari komplikasi dan problem pada saat pemakaian softlens, perlu diperhatikan beberapa hal.

- Lepas lensa kontak Anda sebelum tidur.

- Rawatlah lensa kontak dengan cairan yang sesuai.

- Pakailah kacamata pelindung untuk menghindari debu dan angin. - Periksalah mata dan lensa kontak Anda secara teratur untuk mengetahui kelainan sejak dini.

- Patuhi petunjuk dari ahli perawatan mata Anda tentang perawatan yang optimal untuk mata Anda.

Sedangkan untuk menjaga kesehatan mata, sangatlah perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala. Jangan abaikan kelainan-kelainan kecil untuk menghindari komplikasi di kemudian hari. Segeralah kunjungi ahli perawatan mata Anda untuk mengetahui secara pasti perawatan yang dibutuhkan oleh mata Anda.