Tradisi dan Etika Pernikahan

Pernahkah memikirkan bagaimana asal-usul tradisi pernikahan, seperti menyimpan bagian tertinggi dari kue pengantin, memakai gaun putih, memakai cincin di jari manis tangan kiri, atau menyebut pernikahan sebagai tradisi “mengikat simpul” ?

Dahulu kue pengantin dianggap sebagai simbol dari harapan akan kesuksesan dan kesuburan. Masyarakat Roma kuno membuat kue dari gandum atau jewawut, lalu memecahkannya di atas kepala pengantin wanita sebagai simbol kesuburan. Kue tiga tingkat secara tradisional dimaksudkan untuk pesta pernikahan.
Pasangan pengantin diharapkan untuk berciuman di atas tumpukan kue tanpa terjatuh. Tingkat kue paling bawah adalah untuk resepsi pengantin, tingkat tengah untuk dibagi-bagikan, dan tingkat paling atas untuk disimpan dan dimakan satu tahun kemudian. Dewasa ini, terdapat sebuah tradisi dimana pasangan pengantin saling bertukar kue untuk menunjukkan kesetiaan satu sama lain.

Memakai cincin di jari manis didasarkan pada satu kepercayaan kuno dimana pembuluh darah di dalam jari manis disalurkan langsung ke jantung. Cincin mulai populer dikenakan sejak jaman Yunani dan Mesir kuno oleh orang-orang kaya.

Pada abad ke-13, Sri Paus III menerapkan suatu masa tunggu antara pertunangan dan pernikahan serta cincin sebagai jaminan pertunangan. Orang Italia pada abad pertengahan percaya bahwa berlian diciptakan di dalam nyala api cinta, karena itu menjadikannya sebagai pilihan cincin kawin yang romantis.

“Mengikat sebuah simpul” adalah ungkapan dari zaman Roma, ketika pengantin wanita mengenakan korset untuk melindungi kesuciannya. Korset itu dihubungkan pada suatu simpul dan mempelai pria akan mendapatkan sebuah kegembiraan untuk melepas ikatan simpul pada korset tadi.

Banyak orang percaya bahwa gaun pengantin berwarna putih dipopulerkan oleh Anne of Brittany pada tahun 1499, dan ada juga yang mengatakan bahwa Ratu Victoria adalah orang pertama yang menikah dengan gaun berwarna putih pada tahun 1840-an.

Sebelumnya, pengantin wanita cukup dengan mengenakan pakaian terbaik mereka. Dewasa ini, memakai gaun pengantin berwarna putih melambangkan kegembiraan, kebahagiaan, dan kemakmuran. Pengapit dengan pakaian putih adalah melambangkan jalan murni menuju kebahagiaan, dan bunga mawar di sepanjang jalan pengantin diperkirakan untuk memimpin mereka kepada masa masa depan yang manis dan makmur.

Merencanakan pernikahan.

Setelah menemukan pasangan hidup dan dia telah menerima cincin beserta lamaran , dan sekarang ingin memberitakan pertunangan ini kepada dunia. Terdapat beberapa tata cara yang harus diikuti ketika mewartakan kabar baik.
Secara tradisi, orang tua pihak wanita harus diberitahu terlebih dulu, kemudian orang tua mempelai pria. Setelah orang tua kedua belah pihak sudah diberitahu, ibu mempelai pria diharapkan untuk menghubungi ibu pasangan wanita dan membuat janji temu kedua orang tua. Jika hal ini tidak memungkinkan, mereka perlu tetap berhubungan melalui surat, telepon, dan email. dapat merayakan pertunangan dengan saudara dan sahabat karib secara langsung, melalui telepon, atau dengan membuat pengumuman pertunangan tertulis. Setiap orang akan dapat mengetahui kalau sudah pertunangan ketika mereka melihat cincin baru yang cantik.

Ketika calon pria telah memberikan hadiah cincin sebagai ikrar dari cinta abadinya dan komitmen untuk masa depan . Untuk menunjukan betapa mencintai dan menghargai dia, berikan dia sebuah hadiah balasan.

Beberapa pilihan hadiah seperti jam tangan, kancing lengan kemeja yang diukir namanya, cincin cantik untuk jari tangan kanan, atau perhiasan emas, platina dan perak dan lain-lain. Pertimbangkan seleranya dan sesuaikan hadiah dengannya. Tidak harus berbentuk hadiah atau perhiasan, tetapi biasanya itu yang paling mudah. Hadiah ini tidak harus mahal, yang terpenting adalah ketulusan hati .

Setiap pengantin wanita berhak mendapat yang terbaik dan selalu mencari cara untuk memberi sentuhan dan gaya pribadi kedalam pesta pernikahannya. dapat membuat pesta yang unik dengan anggaran yang sesuai. Apakah itu merencanakan pesta perkawinan formal tradisional, semi formal, informal, ataupun pesta pernikahan modern, tujuannya adalah untuk menjadikan pesta yang menyenangkan dan sesuai dengan selera .

Beberapa contoh yang baik adalah menyertakan hal-hal yang berhubungan dengan pasangan ke dalam dekorasi, tentukan sebuah tema untuk pesta pernikahan seperti tempat-tempat yang menyenangkan seperti tema pantai, hobi favorit, sertakan juga slide show dengan musik dan foto sejak kecil hingga sekarang, tulislah syair atau surat kepada satu sama lain lalu bacalah selama upacara pernikahan, atau gunakan permainan warna untuk menciptakan pesta yang tidak terlupakan.

Perencanaan suatu pesta pernikahan harus dan dapat menjadi proses yang menyenangkan bagi dan pasangan. Bagaimanapun juga, hal itu dapat menjadi sulit ketika sedang berusaha untuk mengatur karier, memiliki anggaran yang harus ditepati, berbelanja, menyewa supplier, dan berhubungan dengan rutinitas hidup sehari-hari.
Dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan kepada , tidak heran jika akan menjadi semakin bingung. Menentukan waktu untuk merencanakan pesta pernikahan saja cukup sulit, apalagi bulan madu .

Langkah pertama untuk merencanakan pesta pernikahan yang berkesan dan sukses adalah menetapkan suatu anggaran. Langkah yang kedua adalah menyewa konsultan pernikahan. Sewalah konsultan pernikahan pada awal-awal perencanaan pernikahan , bahkan satu tahun sebelumnya, dan ketika mewawancarai konsultan, tanyakan tentang pengalaman dan masalah pembayaran.

Biasanya konsultan akan meminta uang deposit dan kontrak. Biaya servis pada umumnya adalah persentasi dari total biaya dan termasuk dalam anggaran. Dengan akses yang memadai akan memudahkan untuk memilih florist, juru masak hingga musisi, tukang roti, dan fotografer.

Seorang perencana pernikahan (Wedding Planner) profesional dapat memastikan mendapat yang terbaik dari uang yang keluarkan serta dapat mengorganisir upacara dan resepsi , berhubungan dengan semua penyalur, mengatur latihan , dan memecahkan masalah penting saat terakhir, menciptakan suasana khusus pada pesta pernikahan .

Hal-hal lain yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan sebelumnya akan menjadi penting: seperti protokol tempat duduk, tata cara tamu, siapa yang melakukan pembayaran, dan apa yang harus dilakukan ketika melibatkan anak-anak. Dengan beberapa tips dan etika, pesta pernikahan akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

Pemilihan sebuah gaun pengantin yang sesuai dari banyaknya pilihan yang ditawarkan dapat menjadi suatu tantangan baru. Pertimbangkan potongan, gaya, siluet, warna dan carilah tampilan yang sesuai dengan bentuk tubuh . Couture Bridal (gaun pengantin) dapat bergaya klasik atau sexy, lembut atau seperti layaknya seorang diva, dan lainya. Memakai pakaian dalam yang benar, model dan tinggi hak sepatu yang sesuai dengan panjang gaun, dan pastikan slayer agar cocok dengan bentuk wajah dan senada dengan pakaian yang sudah pilih, agar penampilan sempurna.

Bunga mewakili permulaan hidup bersama dengan ikrar pertumbuhan di dalam kasih dan kesetiaan. Bunga-bunga akan menciptakan kesan sebuah kebun, dan dapat membantu memberikan keindahan dan kerapian pada upacara pernikahan.

Untuk menambah kecantikan, penggunaan bunga segar atau sutera tidaklah menjadi masalah. Bouquet (bunga tangan) pengantin harus menjadi bunga yang paling indah dalam resepsi pernikahan. Pilih bunga yang menarik atau rangkai dari campuran berbagai macam bunga dan warna agar dramatis.

Florist profesional perlu berdiskusi dengan selera dan pilihan, gaya pesta pernikahan, musim, dan anggaran . Jika menggunakan bunga-bunga segar untuk Bouquet pernikahan, mungkin akan mempertimbangkan untuk mengawetkannya sebagai cindera mata dari pesta pernikahan . Ada bermacam cara untuk mengawetkan bunga-bunga pernikahan.

Sebuah resepsi pernikahan adalah salah satu perayaan yang paling menggembirakan di dalam hidup dengan orang terdekat . Dengan tradisi dan makanan-makanan simbolis, resepsi memungkinkan keluarga dan teman untuk menyambut sebagai suami dan istri untuk kali pertama. Untuk menciptakan suatu resepsi unik milik , gunakan imajinasi di dalam memilih lokasi. Jumlah undangan, gaya dari pesta pernikahan, dan anggaran memainkan peran utama di dalam keputusan terakhir .

Juru masak profesional adalah salah satu tokoh yang paling penting untuk menggabungkan resepsi pernikahan . Setelah upacara pemberkatan, para tamu akan menantikan resepsi sebagai kesempatan untuk berbagi kebahagiaan dengan . Pi-lihlah katering yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya resepsi seperti sebuah acara makan malam yang formal, makanan ringan (siang hari), atau kue, jam, lokasi resepsi, jumlah undangan, dan anggaran menentukan jasa katering yang akan diperlukan dan jenis makanan yang sajikan.

Kue pengantin harus menjadi pusat perhatian perayaan. Rasa dan hiasan harus sesuai dengan musim. Bukan terletak pada ukuran besar atau kecil, kompleks atau sederhana, kue pengantin merupakan suatu suguhan khusus untuk para tamu dan mencerminkan gaya pernikahan dan harus sesuai dengan warna tema. Ketika dan mempelai pria berbagi potongan yang pertama dari kue, hal ini melambangkan kesediaan untuk berbagi hidup satu sama lain. Di dalam memilih kue, pastikan pelayanan apa saja yang termasuk dalam biaya, seperti pengiriman dan pengaturan letak kue dalam ruang resepsi, dan membuat jadwal untuk mencicipi kue.

Suatu undangan yang indah dan ucapan terimakasih akan mencerminkan keramahan dan kebahagiaan dalam hidup . Undangan adalah kesan yang pertama dari pesta pernikahan , karena itu undangan memainkan peran yang penting untuk berbagi dengan keluarga dan teman , bahwa menghendaki mereka untuk menjadi bagian dari hari yang luar biasa itu. Pilihan untuk warna kertas, berat kertas, jenis tulisan dan ukurannya, dan dapat menggunakan gaya tradisional atau menciptakan sesuatu yang unik.

Kenangan pada hari yang spesial ini akan menjadi lebih berharga pada masa depan. Itulah sebabnya momen penting ini harus diabadikan oleh fotografer profesional. Pilihlah fotografer yang sesuai, dan begitu sudah menentukan fotografer dan menyukai gaya fotonya, telah melihat beberapa hasil bidikannya, termasuk album-album dari pesta pernikahan yang terbaru, barulah mengatur kontrak dengannya.

Didalam kontrak perlu dituliskan nama fotografer yang akan mengabadikan pesta pernikahan , tanggal dan jam kerja, biaya lembur, pakaian dari fotografer dan ongkos kemasan fotografi lengkap. Relax, senyum, dan nikmati hari , karena akan memiliki kenangan seumur hidup melalui foto-foto yang cantik.

Rencanakan bulan madu dan biarlah itu menjadi sebuah perjalanan yang berkesan, bukan hanya sekedar berpergian. Ini adalah waktu untuk merencanakan bersama-sama dan lebih mengenal pasangan, dan juga untuk melihat banyak peluang yang ada dimasa depan. Dan ingat, bulan madu tidak harus dilakukan cepat-cepat setelah resepsi, terutama jika merencanakan melakukan bulan madu panjang atau ke suatu tujuan yang jauh. Saya berharap beberapa tips ini akan dapat membantu, memungkinkan untuk merencanakan pesta sesuai selera, dan memungkinkan untuk mendahulukan kebahagiaan.

*) Dianne Marsch adalah Direktur Etiquette School of Manhattan. Kunjungi situsnya di www.nyc.etiquetteschool.org