Prediksi teknologi informasi 2008

Sifat prediksi ini adalah umum, yang dicomot dari beberapa sumber, jadi keakuratannya juga diragukan.Sekedar share aja untuk yang mungkin mau berbisnis di bidang teknologi informasi atau internet.

# Internet akan menjadi sebuah kebutuhan sekunder menyusul kebutuhan komunikasi PSTN. Jadi internet bukan lagi merupakan merupakan barang mewah lagi, tapi sudah merupakan salah satu kebutuhan mutlak seperti telepon rumah dan televisi. Akibatnya, bisnis warnet siap-siap gulung tikar dan pikirkan bisnis lain untuk merespon ancaman ini. Kebutuhan akan game online mungkin masih akan cukup tinggi karena perkiraan kualitas internet untuk sampai ke rumah-rumah belum bisa mengakomodasi kebutuhan game online yang membutuhkan dedicated link yang stabil, dan simetris.


# Mobile internet menjadi lifestyle. GPRS sudah mencakup ke hampir seluruh wilayah perkotaan maupun pedesaan. Tinggal menghembuskan lifestyle mobile internet, yang kemudian lambat laun akan menjadi kebutuhan sekunder menyusul internet rumahan. Sementara ini masyarakat belum menemukan keperluan penggunaan mobile internet, tetapi lambat laun kemungkinan besar akan menjadi hal utama dalam kehidupan, apalagi kalau diintegrasikan dengan e-government (asal e-government nya ini dijalanin bener-bener, bukan project "asal dana cair" aja seperti sekarang :-P).


# Harga link transmisi data yang cenderung menurun. Hal ini sekaligus untuk persiapan komunikasi 4G di mana segala bentuk komunikasi akan berbasiskan protokol internet. Dan untuk mendukung 4G, mau tidak mau Indonesia harus migrasi dari IPv4 ke IPv6. Negara-negara lain sudah menjalankan progress ini untuk mempersiapkan era 4G.


# Konsep internet di rumah tangga akan mulai diterapkan oleh pelaku bisnis properti. Sekarang ini sudah banyak perumahan yang dijual dengan tambahan fasilitas tv cable, hotspot, maupun internet. Komplek perumahan seperti ini sudah memiliki infrastruktur untuk hal tersebut untuk menarik minat pembeli. Hal ini bisa berkembang lebih jauh lagi. Kapasitas link ke rumah-rumah akan mencapai ukuran Gigabit/s (seperti yang sudah terjadi di Singapura), bahkan mungkin sekeluarga memiliki sebuah server mail/sms/messaging/data sendiri di dalam rumah tangga, di mana semua data tentang resep masakan, tugas sekolah, pengumuman dari guru kepada murid, email pekerjaan, lagu-lagu, dan lain sebagainya ditampung di dalam sebuah server rumah tangga di masing-masing rumah, sehingga bisa didownload dari mana pun melalui protokol SSL ke mobile device yang dipegang oleh masing-masing anggota keluarga. Untuk lebih jauh ke depannya, bukan tidak mungkin bahwa seorang bapak bisa menyalakan mesin pemasak kopi dan air melalui internet 20 menit sebelum si bapak ini sampai ke rumah, dan dengan teknologi bluetooth, garasi akan mendeteksi proximity mobil dan membukakan pintu garasi secara otomatis. Asik kan? Hehehe.


# Web based application akan menguasai semua aplikasi client/server, karena secara default, web client sudah terinstall di semua device mobile maupun statis.


# Lapangan pekerjaan dibidang network security akan semakin banyak. Para profesional network communication security akan semakin banyak dibutuhkan karena data yang lewat di sebuah network akan mulai banyak digunakan untuk trafik sensitif.


# Dengan banyaknya VoIP network di seluruh dunia, seperti Yahoo, GoogleTalk, MSN, SkyPe,VoIPRakyat dan lain sebagainya, ada kemungkinan penggabungan semua jaringan tersebut sehingga semua account Yahoo bisa menghubungi pelanggan VoIPRakyat. Beberapa pihak akan kebakaran jenggot, tapi hal ini adalah unstoppedable.

Mungkin ada tambahan dari rekan-rekan yang memang berkecimpung di bidang ini, tq.