Membuat ebooks (chm) dari sebuah website/blog

Pernahkah mengunjungi website yang isinya sangat menarik ? penuh dengan artikel-artikel bagus ? dan ingin seandainya semua (sebagian besar) isinya/artikel bisa kita baca dirumah tanpa perlu konek ke Internet ? Jika ya, ada software yang bisa dicoba, yang mungkin sebagian Netter sudah tidak asing lagi, yaitu HTTrack ( Opensource) dan juga WebCopier (shareware ). Meskipun webcopier berlisensi shareware, tetapi bisa kita gunakan full selama 15 hari, jadi cukup bermanfaat. Jika ingin yang free, gunakan HTTrack. Mungkin juga banyak software sejenis yang lain, namun bisa dicoba software tersebut.Bisa digunakan untuk download isi (Contents) dari sebuah website, kemudian dibuka/baca secara off-line (nb. Tidak semua web/blog bisa didownload menggunakan aplikasi seperti ini).
Jika sudah download semua file yang ada, maka bisa membuka file yang bernama index.html atau default.html, dan jika download berhasil maka bisa browsing file-file yang ada secara off-line (link-linknya otomatis akan tetap terjaga). Yang perlu diperhatikan, jika isi sebuah web banyak, maka mungkin perlu kesabaran untuk mendownload semua isinya, apalagi jika akses Internet naik turun. Sebaiknya juga diatur, agar download hanya artikel (Html saja) dan file tambahan yang ukurannya besar diabaikan.

Permasalahan yang terkadang muncul adalah banyaknya file yang di download, mungkin bisa mencapai ribuan. Jika seperti ini, tentu cukup merepotkan. Apalagi ukurannya juga relatif besar. Mungkin bisa dikompress, tetapi proses decompressnya memerlukan waktu dan tidak praktis. Salah satu alternatifnya adalah membuat semua file yang ada menjadi sebuah file saja yang simple, menarik, praktis dan langsung bisa dibaca. Bagaimana caranya ?

Salah satu caranya adalah menggunakan HTML workshop. Aplikasi ini digunakan untuk membuat Compiled HTML help ( *.chm atau *.hlp ). Sebelumnya silahkan download HTMLHelp.exe disini Didalamnya sudah disertakan help dan dokumentasinya. Setelah diinstall dibuka HTML Help Workshop atau langsung buka file yang bernama hhw.exe. Langkahnya sebagai berikut :
1. Pilih File > New > Project
2. Klik Next ditampilan yang muncul, abaikan opsi “Convert Winhelp Project”
3. Dibagian New Project — Destination, Isi dengan nama project.
4. Dibagian New Project — Existing Files, pilih HTML Files(.htm), kemudian klik Next
5. Dibagian New Project — HTML Files, Klik Add.. dan cari file yang merupakan index web yang kita download. Biasanya index.html, default.html atau sejenisnya.
6. Klik Next dan Finish
7. Untuk menghasilkan file chm, pilih menu File > Compile… Di tampilan yang muncul klik Compile. Maka jika proses berhasil, akan dihasilkan file chm
Cara diatas hanya akan menghasilkan sebuah file chm yang belum tampil fasilitas search. Untuk menambah fasilitas ini dan menu lainnya, bisa di atur di bagian Project Options (Klik Icon kiri paling atas di tab Project). Kemudian, dibagian Tab Compiler beri tanda cek di opsi “compile full text-search information”. Selain itu dapat juga dicoba-coba opsi lainnya. Atau juga mengedit file project yang kita buat dengan notepad dan dibuka melalui Help workshop ini. Selengkapnya bisa dilihat dokumentasi yang telah disertakan. Dengan adanya fasilitas pecarian ini, tentu akan lebih bermanfaat. Apalagi file chm ini juga otomatis dikompress, sehingga ukurannya cukup kecil.

Yang perlu diperhatikan bahwa tidak semua halaman web yang di download bisa di kompilasi menjadi chm, hal ini menyangkut komplektifitas dokumen. Jika banyak terdapat kode Javascript atau script lainnya, maka kemungkinan gagal. Sebaliknya untuk halaman web dengan konten html yang sederhana maka kemungkinan berhasil cukup tinggi.

Jika cara diatas terlalu sulit, bisa dicoba menggunakan software htm2chm yang secara otomatis menghasilkan file chm, tinggal melakukan sedikit konfigurasi dan mengatur setting yang tersedia. Bisa download htm2chm disini

Jika hanya ingin membuat ebooks dalam format html untuk beberapa file atau kita ingin memasukkan/menulis artikel-artikelnya sendiri, bisa digunakan HelpMaker, yang bisa download disini

Dapat juga memakai addon firefox yang namanya scrapbook, ambil disini, yang berguna untuk mengunduh web sekalian informasi waktu dan link unduhnya. Scrapbook ini juga punya tool tambahan CHM Exporter, yang mengubah hasil scrapbook jadi chm, ambil disini.

*****