BIOS ERROR SIGNALS

Apakah sudah pernah mengalami masalah pada komputer? Apabila belum pernah, maka bersyukurlah dan bersiap-siaplah untuk mengalaminya, karena akhirnya pasti kena masalah(semua PC pasti punya trouble, so get ready aja!!!). Komputer merupakan kumpulan komponen-komponen yang dirangkai menjadi satu kesatuan sehingga membentuk komputer yang kita kenal saat ini.
Seperti diketahui, apabila komputer dinyalakan,akan terdengar satu bunyi beep(sebentar). Adakalanya, saat menyalakan komputer, karena sesuatu hal (biasanya karena komputer dipindah-pindah atau listrik yang jelek) maka komputer tidak mau menyala, dan hanya mengeluarkan bunyi beep saja.
Bila PC tidak lagi bereaksi setelah dihidupkan selain mengeluarkan bunyi beep—ia sebenarnya ingin menunjukkan pesan kesalahan. Bagaimana menginterpretasikan sinyal-sinyal terpenting dari BIOS tersebut???Bisa kita kelompokkan bunyi beep tadi berdasarkan tipe bios yang dipakainya:
(lihat logo yang keluar pada kiri atas monitor saat komputer pertama dihidupkan):

AMI BIOS
1x: RAM rusak atau tidak terpasang dengan tepat.
6x: Kesalahan Gate A20 - biasanya menunjukkan keyboard yang rusak.
8x: Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan tepat dalam slot.
11x: Checksum-Error. Periksalah baterai pada motherboard.

Award BIOS
1x panjang: Kesalahan RAM, modul tidak duduk dengan tepat.
1x panjang, 2x pendek: Graphic card cacat atau rusak.
1x panjang, 3x pendek: Keyboard rusak atau tidak terpasang (mulai versi 4.5 signal ini menunjukkan kesalahan graphic card).
Tak terputus: RAM atau graphic card tidak ditemukan.

Phoenix BIOS
1x-1x-4x: BIOS rusak.
1x-2x-1x: Motherboard rusak.
1x-3x-1x: Masalah RAM, modul tidak terpasang dengan baik.
3x-1x-1x: Motherboard rusak.
3x-3x-4x: Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan baik.

Apabila bagian yang bermasalah adalah RAM (memori) maka cabutlah memori RAM tsb dan pasang lagi (apabila cara meletakkan RAM sebelumnya kurang baik atau tidak pas atau bergeser karena komputer dipindah-pindah). Perlakuan yang sama juga dapat dilakukan pada graphic card (kartu vga). Apabila setelah memperbaiki letak periferal (RAM dan kartu vga) tetapi bunyi beep masih berbunyi juga, kemungkinan besar periferal tersebut mengalami kerusakkan, maka bisa dicoba dengan periferal lainnya, sebelum membeli yang baru

untuk lengkapnya bisa dilihat disini
Untuk yang mau mengoptimalkan BIOS dapat lihat disini